LANTING MAKANAN KHAS KEBUMEN

 Lanting Kebumen

Bagi kalian orang Kebumen atau sekitarnya, pasti tidak asing dengan makanan ringan satu ini. Yeeaa, salah satu makanan khas dari kota Kebumen, Jawa Tengah tercinta, yaitu Lanting. Lanting merupakan makanan ringan sejenis kerupuk yang terbuat dari singkong berbentuk angka delapan atau lingkaran kecil seperti cincin. Bagi kalian orang Kebumen atau sekitarnya, pasti tidak asing dengan makanan ringan satu ini. Banyak sering kita dapati di toko-toko bahkan warung warung kecil. Bukan hanya di pasarkan di daerah asalnya saja, Lanting juga banyak di pasarkan bahkan di produksi di luar Kota Kebumen, seperti Purworejo, Banyumas, Cilacap, jogja dan daerah lainnya. Banyak yang suka dengan makanan ringan satu ini, selain gurih juga harganya yang terjangkau.

Lanting dulunya hanya mempunyai rasa yang gurih dan asin tetapi sekarang mulai muncul aneka rasa seperti asin pedas, rasa keju, dan masih banyak lagi. Lanting juga bukan hanya makanan ringan yang cocok untuk cemilan ringan saja, namun biasanya juga dijadikan pendamping makanan lain, seperti nasi atau mie instan. Mungkin bagi kalian yang pernah makan mie instan dengan lanting, pasti enak bukan? bukan rahasia lagi, memang makanan ringan satu ini banyak dicari dan disukai. Ingin tau cara membuat lanting yang enak dan renyah, yuk simak penjelasan di bawah ini 😊

Cara membuat Lanting :

Mungkin kalian penasaran bagaimana cara membuat lanting yang enak, berikut saya sajikan cara membuat lanting khas Kebumen, cara membuatnya yaitu :

1. Bumbu-bumbu yang dibutuhkan sangat simple ya gaes, yaitu hanya bawang putih, ketumbar, garam, dan pewarna makanan (jika perlu)

2. Langan lupa, Kupas bagian kulit singkong dan potong singkong menjadi beberapa bagian. Setelah itu, dicuci sampai bersih.

3. Rendam singkong selama 60 menit. Setelahnya angkat dan kemudian tiriskan. 

4. Kukus singkong dulu gaes hingga empuk dan tumbuk singkong hingga halus. 

5. Campurkan singkong yang sudah ditumbuk halus dengan garam, ketumbar dan bawang putih halus. Aduk hingga merata. 

6. Pisahkan adonan singkong menjadi dua, dan campurkan salah satunya dengan pewarna makanan (biasanya warna merah). Sedangkan untuk adonan singkong yang satunya lagi biarkan tanpa campuran pewarna makanan.

7. Selanjutnya, adonan singkong dipilin secukupnya hingga membentuk tali. Untuk lebih praktis, gunakan mesin penggiling.

8. Setelah itu, potong kembali adonan yang telah dipilin tadi hingga ukurannya lebih pendek, lalu bentuk melingkar atau serupa angka 8. Begitu seterusnya sampai adonan singkong habis tak tersisa.

9. Jemur adonan lanting yang sudah dibentuk tadi hingga mempunyai tekstur yang keras seperti krupuk.

10. Setelah adonan lanting kering, langkah berikutnya yaitu menggoreng lanting hingga matang dan renyah supaya teksturnya renyah. Setelah matang, angkat dan tiriskan.

11. Jika ingin memberi rasa, setelah digoreng lanting bisa dibumbui rasa pedas manis, balado, jagung bakar atau rasa lainnya sesuai selera. 

12. Simpan lanting dalam wadah kedap udara

13. Lanting siap untuk dinikmati gaes 

Nah itu tadi ulasan tentang salah satu makanan khas dari Kota Kebumen, Jawa Tengah. bagi kalian yang ngaku "wong bumen" keberadaan makanan atau jajanan ini perlu dilestarikan supaya tidak kalah dengan jajanan khas masa kini lainnya. Sedangkan untuk kalian yang dari luar Kota Kebumen, jajanan khas ini wajib banget menjadi salah satu oleh-oleh yang perlu dibeli loh. Yuk kepoin yang belum pernah coba, yakin pasti bakal ketagihan. 💓


Comments